Wednesday 14 February 2018

Dzikir Sebelum Tidur

Assalamu'alaikum warohmatulloh wabarokaatuh

Dari kitab “Al Athiyah Al Haniyyah” buah karya Al Imam Al Habib `Ali bin Hasan Al Atthas, Semoga Allah swt memberikan manfaat kepada kita akan ilmunya Aamin.
beliau berkata :
Hendaklah diantara wiridanmu ketika hendak tidur itu membaca ;

Subhanallah 33 kali
Alhamdulillah (33 kali)
Allahu Akbar (33 kali)
Laa ilaaha illallah Wahdahu Laa Syariika lah, Lahul Mulku Walahul hamdu Yuhyi Wayumiitu Wahua `ala kulli syaiin qodiir (1 kali)

Maka lazimkanlah ini, dan hati-hatilah meninggalkannya atau lalai atau sampai keburu tidur ( dan belum membacanya ), karena ada didalamnya beberapa manfaat serta faida-faidah yang begitu mulia dan begitu agung yang tak terhingga banyaknya

Tidur ada 3 macam:

1. khuluk : tidur pada waktu sebelum dhuhur selama 1 jam ( qoilulah ) sehingga membantu untuk qiyamul lail.
2. khorq : tidur setelah subuh
3. hamq : tidur setelah ashar

Ulama berkata: 

bahwa tidur di pagi hari setelah subuh dapat menghapus keberkahan umur dan menghambat datangnya rezeki sehingga dadanya menjadi sempit dan kehidupannya serba kurang. Ulama salaf membenci tidur pada dua waktu, yaitu setelah subuh dan setelah ashar, karena pada waktu ini dibagikan rezeki yang fisik dan maknawi. Waktu ini merupakan waktu untuk berdzikir, beramal dan untuk mencari rezeki.

Nasehat Dari Al Habib Zein bin Ibrohim bin Sumaith hafidhzohullah wa nafa’ana bihi fid daroin
Semoga Allah swt memberikan manfaat kepada kita akan ilmunya Aamin.
Wallohu'Alam

Alhamdulillah catatan sederhana mengenai Dzikir sebelum Tidur selesai mohon maaf jika da kesalahan  wasalamu'alaikumwarohmatulloh wabarokaatuh


No comments:

Post a Comment