Wednesday 6 March 2019

Ebook Pendidikan Matematika Realistik

Assalamu'alaikum warohmatulloh wabarokaatuh, sobat setia catatan sederhana kali ini saya akan membagikan sebuah ebook tentang Sejarah Matematika realistik

Berikut sekilas Info nya

Artikel ini menguraikan tiga hal pokok mengenai Pendidikan Matematika Realistik sebagai sebuah inovasi dalam pembelajaran matematika—di dunia pendidikan matematika dikenal dengan nama Realistic Mathematics Education (RME)—yaitu: sejarah, prinsip-prinsip, dan beberapa contoh implementasi pembelajaran matematika dengan pendekatan RME. Contoh implementasi yang disajikan meliputi pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan sekolah menengah atas. Dengan uraian seperti ini, pembaca diharapkan memiliki pemahaman yang komprehensif tentang Pendidikan Matematika Realistik baik untuk keperluan pembelajaran maupun penelitian.

Kata Kunci: Pendidikan Matematika Realistik, Realistic Mathematics Education, Inovasi Pembelajaran Matematika


PENDAHULUAN  Sejak akhir tahun 1990-an, sekitar tahun 1998, dunia pendidikan matematika Indonesia mulai mengenal suatu inovasi khusus dalam pembelajaran matematika yang dinamakan dengan Realistic Mathematics Education (RME) yang berasal dari negeri Belanda (Sembiring, Hoogland, & Dolk, 2010).  Istilah RME diterjemahkan menjadi Pendidikan Matematika Realistik (PMR), dan versi RME untuk konteks Indonesia dinamai Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Sejak saat itu, proyek implementasi dan diseminasi baik dalam bentuk pelatihan maupun penelitian telah banyak dilakukan (Sembiring, 2010; Wijaya & Jupri, 2010).  Meski RME sudah dikenal di tanah air dalam hampir dua dekade, pemahaman yang komprehensif akan inovasi pembelajaran matematika ini tampaknya masih kurang. Berdasarkan pengalaman membimbing mahasiswa dalam penelitian, mengikuti seminar dan konferensi pendidikan matematika, memberi ceramah dalam kegiatan pelatihan, dan diskusi dengan para akademisi perguruan tinggi, dapat dicatat setidaknya dua kelemahan pemahaman terhadap RME.

Pertama, umumnya kata “realistic” dalam RME dimaknai sebagai sesuatu hal yang berkaitan dengan dunia nyata saja. Kedua, masih banyak mahasiswa, guru, dosen, dan pemerhati pendidikan yang menganggap bahwa pembelajaran matematika dengan pendekatan RME hanya dapat diterapkan di tingkat sekolah dasar (SD) dan paling jauh sampai permulaan sekolah menengah pertama (SMP). Mereka umumnya beranggapan bahwa pembelajaran matematika dengan pendekatan RME akan sangat sulit diterapkan di SMP dan hampir tak mungkin diterapkan di tingkat sekolah menengah atas (SMA) apalagi di perguruan tinggi. Kelemahan kedua ini tampaknya merupakan akibat dari kelemahan pertama: Karena memandang istilah “realistic” sebagai sesuatu yang nyata ada dalam kehidupan sehari-hari, maka matematika yang tampak terlihat ada kaitannya di dunia sehari-hari adalah di tingkat SD dan permulaan SMP saja.

Bersambung

Jika Sobat mau Membaca nya Dibawah Ini Link donlod nya

DOWNLOAD

Refrensi

Al jupri


Alhamdulillah Catatan Sederhana Ebook Pendidikan Matematika Realistik Telah Selesai Mohon Maaf Jika Ada Kesalahan Wasalamu'alaikum warohmatulloh wabarokaatuh

No comments:

Post a Comment