Thursday 6 December 2018

Ebook Tutorial Membuat Form Dan Menu Makanan Dalam Neatbeans

Assalamu'alaikum warohmatulloh wabarokaatuh  Sobat Setia Jika Punya Aplikasi Neatbeans nh saya Punya Ebook Tutorial Membuat Form Dan Menu Makanan Menggunakan Neatbeans..langsung saja



1 Ebook Membuat Form


Berikut Sekilas Info nya

1. Sebelumnya  kita install dulu netbeans5.5 atau versi diatasnya dengan jdk 1.5.0_7 atau versi diatasnya.
2. lalu kalau sudah terinstall, pilih File->New Project. Disini kita akan bikin project dan otomatis akan terbentuk Main.java
3. klo sudah kita pilih File ->New File ada banyak tipe java disitu,kita pilih        Java GUI Form ->  sesuai anak panah.
4. lalu isi nama Classnya dan pilih packagenya sesuai anak panah.
5. kalau sudah pilih Finish.kita akan mulai membuat Form seperti pada tampilan di       bawah ini
       :: Tutorial Membuat Tabel ::
1. Pertama kita membuat Table dengan Mendrag JTable pada Palette. Kita beri nama dgn klik kanan pilih “change variable name”,kita beri nama misal : “table”
2. Pilih Table klik kanan Properties,seperti gambar dibawah ini :
3. kita buat kolom dengan klik Model lalu isi nama kolom – kolomnya seperti gambar dibawah ini sesuai anak panah  :
4. Kalau sudah klik OK tinggal kita setting di source code nya.  Pada baris paling akhir di sourcenya  sebelum } paling akhir kita bikin objek untuk TableModel langsung ketik coding dibawah ini :
5. lalu kita buat fungsi getDefaultTabelModel(); dan Tabel  untuk pengaturan table nya seperti pada gambar dibawah ini, juga diketik secara manual:
6. Setelah itu kita setting di konstruktornya,untuk pengaturan lebar kolomnya : Tambahin source code berikut :
7. Cara menginput data kedalam ke JTable :
8  Cara Menampilkan Data dari Jtable kedalam Form di Netbeans
9  Cara Mengedit Data Dalam JTable
10. Cara Menghapus Data Dalam JTable

-Belajar SQL(Structured Query Language)
- Untuk belajar SQL bisa menggunakan MysQL Server di Dos untuk menjalankan Querynya atau dengan editor dari suatu MySQL  yaitu MySQL Front,SQL Yog, dll.
-SQL adalah standarisasi
-SQL adalah sebuah ANSI (American National Standards Institute) yaitu standar bahasa komputer yang digunakan untuk mengakses dan memanipulasi sebuah database. Perintah SQL ini di gunakan untuk menemukan dan merubah data di dalam database. SQL bekerja dengan program database seperti MS Access, DB2, Informix, MS SQL Server, Oracle, Sybase
-Tutorial Koneksi Netbeans ke Mysql
-Pemrosesan Data Dengan Java dan Mysql


JIka sobat pengen lebih tau lagi Dibawah ini Donlod nya


DOWNLOAD




2 Ebook Membuat MENU Makanan



Sekilas Info isi nya


Praktikum GUI menggunakan Netbeans

membuat GUI untuk pemesanan menu makanan. Ada 4 jenis menu makanan yaitu soto, rawon, bakso dan gudeg. Anda bisa memasukkan jumlah pemesanan untuk masing-masing menu. Untuk soto dengan harga Rp 5000, rawon dengan harga Rp 6000, bakso dengan harga Rp 4000 dan gudeg dengan harga Rp 8000. Kemudian ditampilkan pula total harga dari menu yang sudah dipesan. Tampilan GUI yang harus Anda kerjakan sbb :

Persiapan Pengerjaan Praktikum : Membuat Projek Baru di Netbeans
1. Buatlah projek baru diNetbeans pilih File  New Project. Pilih Categories : Java dengan Projects : Java Application ditunjukkan pada gambar 1.
Selanjutnya klik Next. Isi nama project dengan Database dan pilih lokasi (folder) project yang akan Anda kerjakan (gambar 2).
Hilangkan tanda (V) pada check box Set as Main Project dan Create Main Class. Selanjutnya klik finish, hasil ditunjukkan pada gambar 3.
Setelah proses ini selesai akan terbentuk direktori dengan nama Database dengan folder nbproject, src, dan test (gambar 4).

Bersambung



Jika Sobat Mau Dibawah ini Link Donlod nya

DOWNLOAD


Refrensi


by Master indra
     Master Yuliana Setiowati

Alhmdulillah Catatatn Sederhana Tutorial Membuat form Dan Menu Makanan Dalam Neatbeans telah selesai  Mohon Maaf Jika Ada kesalahan Wasalamu'alaikum warohmatulloh wabarokaatuh

No comments:

Post a Comment