Friday 14 December 2018

Ebook JENI

Assalamu'alaikum warohmatulloh wabarokaatuh sobat setia Catatan sederhana, kali ini saya akan membagikan Ebook yang Terdiri dari 3 Modul seperti nya ini Ebook Tentang Menerangkan sejarah Java dan program pertama Java Mengunakan teks editor linux 

Sekilas Info Ebook tersebut Terdiri 3 Modul


Modul 1

Pengenalan Pemrograman Komputer 

 Tujuan

Bagian ini akan membahas dasar – dasar komponen dari komputer meliputi hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak). Kami juga akan menyertakan gambaran global tentang bahasa pemrograman dan sirkulasi pemrograman. Akan dibahas pula pada akhir pembahasan ini mengenai sistem dan konversi numerik.

Pada akhir pembahasan, diharapkan pembaca dapat :
- Mengidentifikasi perbedaan komponen pada komputer
- Mengetahui tentang bahasa pemrograman komputer dan kategorinya
- Mengetahui alur kerja pembuatan program dan mengaplikasikannya pada pemecahan masalah
- Mempelajari tentang berbagai sistem numerik dan metode konversinya.

Pendahuluan

Kata komputer berasal dari bahasa Latin yaitu Computare yang artinya menghitung. Dalam bahasa Inggris disebut to compute. Secara definisi komputer diterjemahkan sebagai sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama, dapat menerima data (input), mengolah data (proses) dan memberikan informasi (output) serta terkoordinasi dibawah kontrol program yang tersimpan di memorinya.

,,,,Bersambung,,,


Klik ---> DOWNLOAD


Modul 2


Pengenalan Bahasa JAVA 

 Tujuan

Pada bab ini akan dibahas secara singkat tentang sejarah JAVA dan definisi teknologi JAVA. Bab ini juga akan sedikit menyinggung tentang fase–fase dalam program JAVA.

Pada akhir pembahasan, diharapkan pembaca dapat : 1. Menjelaskan fitur–fitur teknologi dari Java meliputi Java Virtual Machine (JVM), garbage collection, dan code security. 2. Menjelaskan perbedaan fase pada pemrograman JAVA


  Latar Belakang Bahasa JAVA

 Sejarah Singkat JAVA

Pada 1991, sekelompok insinyur Sun dipimpin oleh Patrick Naughton dan James Gosling ingin merancang bahasa komputer untuk perangkat konsumer seperti cable TV Box. Dikarenakan perangkat tersebut tidak memiliki banyak memori, bahasa harus berukuran kecil dan mengandung kode yang liat. Juga karena manufakturmanufaktur berbeda memilih processor yang berbeda pula, maka bahasa harus bebas dari manufaktur manapun. Proyek diberi nama kode ”Green”.

Kebutuhan untuk fleksibilitas, kecil, liat dan kode yang netral terhadap platform mengantar tim mempelajari implementasi Pascal yang pernah dicoba. Niklaus Wirth, pencipta bahasa Pascal telah merancang bahasa portabel yang menghasilkan intermediate code untuk mesin hipotesis. Mesin ini sering disebut dengan mesin maya (virtual machine). Kode ini kemudian dapat digunakan di sembarang mesin yang memiliki interpreter. Proyek Green menggunakan mesin maya untuk mengatasi isu utama tentang netral terhadap arsitektur mesin.

Karena orang–orang di proyek Green berbasis C++ dan bukan Pascal maka kebanyakan sintaks diambil dari C++, serta mengadopsi orientasi objek dan bukan prosedural. Mulanya bahasa yang diciptakan diberi nama ”Oak” oleh James Gosling yang mendapat inspirasi dari sebuah pohon yang berada pada seberang kantornya, namun dikarenakan nama Oak sendiri merupakan nama bahasa pemrograman yang telah ada sebelumnya, kemudian SUN menggantinya dengan JAVA. Nama JAVA sendiri terinspirasi pada saat mereka sedang menikmati secangkir kopi di sebuah kedai kopi yang kemudian dengan tidak sengaja salah
satu dari mereka menyebutkan kata JAVA yang mengandung arti asal bijih kopi.
Akhirnya mereka sepakat untuk memberikan nama bahasa pemrograman tersebut dengan nama Java.

--- Bersambung---



Klik ------>   DOWNLOAD


Modul 3

BAB 3 

Mengenali Lingkup Pemrograman Anda 

3.1 Tujuan

Dalam bagian ini, kita akan membahas tentang bagaimana menulis, mengkompilasi dan menjalankan program Java. Terdapat dua cara dalam melakukannya, yang pertama menggunakan console dan text editor. Sedangkan cara kedua adalah dengan menggunakan NetBeans yang merupakan Integrated Development Environment atau yang disebut IDE.

Pada akhir pembahasan, diharapkan pembaca dapat :
- Membuat program Java menggunakan text editor dan console dalam Linux (Ubuntu Dapper)
- Membedakan antara syntax-errors dan runtime-errors  Membuat program Java menggunakan NetBeans


3.2 Pendahuluan

IDE adalah sebuah peralatan dalam pemrograman yang diintegrasikan ke dalam aplikasi software yang mendukung pembangunan GUI, teks atau penulisan kode, compiler dan debugger.

Tutorial ini menggunakan Ubuntu Dapper sebagai sistem operasinya. Sebelum menggunakan tutorial ini, pastikan bahwa telah menginstal Java dan NetBeans dalam sistem yang Anda gunakan. Untuk instruksi bagaimana cara menginstal Java dan NetBeans, dapat dilihat pada Appendix A. Untuk versi Windows XP dalam bagian ini, dapat dilihat pada Appendix B.

Sebelum membahas lebih terperinci, pada awalnya akan kita lihat program Java pertama yang akan Anda tulis.

 Program Java Pertama

-----Bersambung----



Klik --->   DOWNLOAD




Refrensi
JENI

Alhamdulillah Catatan sederhana Ebook JENI telah selesai Mohon Maaf jika ada Kesalahan Wasalamu'alaikum warohmatulloh wabarokaatuh

2 comments: