Wednesday 25 April 2018

Tentang Manusia

Assalamu'alaikum warohmatulloh wabarokaatuh

Ada 5 sifat yg dimiliki manusia pilihan (derjat luhur) yaitu:


al-Imam al-Faqih Abu Laits as-Samarqandi dalam kitb tanbihul ghafilin.

1. Giat dan tekun beribadat.

2. Bermanfaat bagi mamusia lain.

3. Tidak mengganggu / membuat bahaya kpd orang lain.

4. Tidak hasud (iri dengki) kpada milik orang lain.

5. Memperbanyak bekal menghadapi kematian.


MANUSIA ITU ADA TIGA JENIS YAITU



1. Ada yang seperti obat, yaitu memberi manfaat kepada Orang lain, mengajari kebaikan, melayani dan memenuhi kebutuhannya. (Semoga Allah menjadikan kita di antara manusia yang jenis ini) Aamiin..
2. Ada yang seperti benda mati, tak memberikan madhorot dan manfaat
3. Ada yang seperti kala jengking dan ular, memberikan madhorot dan tak memberi manfaat ( semoga Allah melindungi kita dari orang jenis ini), Waspadalah jangan sampai engkau menjadi manusia jenis ini..


Ada 4 Musuh Manusia.



Berkata Abul Laits Assamarqandi dalam Kitab Tanbihul Ghafiliin: "Sesungguhnya kamu mempunyai 4 musuh yang sangat memerlukan kesungguhan kamu untuk menghadapinya:


1. Dunia (Kehidupan dunia yang melupakan tujuan Akhirat)



Allah S.W.T. telah berfirman yang bermaksud: "Maka janganlah sekali-kali kamu semua ditipu oleh dunia (kehidupan dunia).




2. Nafsu (Nafsu Amarah, Syaithoniyah)




Ibnu Abbas r.a. berkata: "Musuhmu yang paling ketat dan sangat berbahaya ialah nafsumu, dia itu berada di antara dua rusuk kamu."




3. Syaitan dari Jin.




Syaitan dari Jin, maka hendaklah memohon perlindungan kepada Allah S.W.T. dari tipu dayanya.


4. Syaitan dari Manusia.


Syaitan dari manusia, maka hendaklah kamu berhati-hati dari mereka, kerana mereka itu lebih dahsyat dari syaitan dari jin sebab syaitan dari jin menyesatkan manusia hanya dengan bisikan sahaja. Adapun syaitan dari manusia itu menyesatkan manusia dengan mata yang boleh dilihat akan perkara-perkara jahat dan kadang-kadang mereka memberikan pertolongan untuk mengerjakan yang jahat dan baik.


Ya Allah kami berlindung dari Kejahatan diri kami sendiri, dan dari semua kejahatan yang ingin berbuat jahat kepada kami..Aamiin


Wallahu A'lam.

Fp.Kitab Kuning

Alhamdulillah Catatan Sederhana Mengenai Tentang Manusia Telah selesai Mohon maaf jka ada Kesalahan Wasalamu'alaikum warohmatulloh wabarokaatuh

No comments:

Post a Comment