Thursday 19 April 2018

Mengenal MySQL

Assalamu'alaikum warohmatulloh wabarokaatuh sobat saya punya buku nih tentang MYSQL langsung saja

berikut info nya
perkenalan

MySQL 

merupakan software  database  open  source yang paling populer di dunia, dimana saat ini digunakan lebih dari 100 juta pengguna di seluruh dunia. Dengan kehandalan, kecepatan dan kemudahan penggunaannya, MySQL menjadi 

pilihan utama bagi banyak pengembang software dan aplikasi baik di platformweb  maupun desktop.
MySQL pertama kali dibuat dan dikembangkan di Swedia, yaitu oleh David Axmark, Allan Larsson dan Michael "Monty" Widenius.
Mereka mengembangkan MySQL sejak tahun 1980-an.

MySQL
adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL (bahasa Inggris: database management system) atau DBMS yang multithread, multi-user, dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia.

MySQL AB membuat MySQL tersedia sebagai perangkat lunak gratis di bawah lisensi GNU General Public License (GPL), tetapi mereka juga menjual dibawah lisensi komersial untuk kasus-kasus dimana penggunaannya tidak cocok dengan penggunaan GPL.

Tidak seperti PHP atau Apache yang merupakan software yang dikembangkan oleh komunitas umum, dan hak cipta untuk kode sumber dimiliki oleh penulisnya masing-masing, MySQL dimiliki dan disponsori oleh sebuah perusahaan komersial Swedia yaitu MySQL AB. MySQL AB memegang penuh hak cipta hampir atas semua kode sumbernya. Kedua orang Swedia dan satu orang Finlandia yang mendirikan MySQL AB adalah: David Axmark, Allan Larsson, dan Michael "Monty" Widenius.

Fitur-fitur MySQL antara lain :

Relational Database System. Seperti halnya software database lain yang ada di pasaran, MySQL termasuk RDBMS.

Arsitektur Client-Server.

MySQL memiliki arsitektur client-server dimana server database MySQL terinstal di server.
Client MySQL dapat berada di komputer yang sama dengan server, dan dapat juga di komputer lain yang berkomunikasi dengan server melalui jaringan bahkan internet.

Mengenal perintah SQL standar. SQL (Structured Query Language) merupakan suatu bahasa standar yang berlaku di hampir semua software database.


Pengenalan Database, DBMS dan RDBMS 


Basis data(atau  database) adalah  kumpulan  informasi  yang  disimpan  di  dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu
program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut(http://id.wikipedia.org/wiki/Database).  Database  digunakan  untuk  menyimpan  informasi atau data yang terintegrasi dengan baik di dalam komputer.

Untuk mengelola database diperlukan suatu perangkat lunak yang disebut DBMS (Database Management System). DBMS merupakan suatu sistem perangkat lunak yang memungkinkan user (pengguna) untuk membuat, memelihara, mengontrol, dan mengakses database secara praktis dan efisien. Dengan DBMS, user akan lebih mudah mengontrol dan memanipulasi data yang ada.

Sedangkan RDBMS atau Relationship Database Management System merupakan salah satu jenis DBMS yang mendukung adanya relationship atau hubungan antar tabel. Di samping RDBMS, terdapat jenis DBMS lain, misalnya Hierarchy DBMS, Object Oriented DBMS, dsb.

dah y sobat segini aja info nya kalu sobat mau buku nya ini link donload nya

Download



refrensi
Master Ahmad Solichin
wikipedia org
Alhamdulillah Catatan Sederhana Mengenai MySQL telah selesai mohon maaf jika ada kesalahan walamu'alaikum warohmatulloh wabarokatuh

No comments:

Post a Comment